Jauhi Perdebatan

2010 08 20 pencilBerdebat itu lebih baik bila untuk mencari kebenaran karena-Nya, bukan untuk menjatuhkan lawannya. Berdebat itu lebih baik bila dengan suara rendah, bukan suara yang meninggi. Berdebat itu lebih baik agar orang lain tidak terjebak dalam kesalahan, bukan membuka aib kesalahan. Berdebat itu lebih baik untuk memperluas pengetahuan dan menghargai pendapat orang lain, bukan untuk mencari atau mempertahankan pengikut.

Berdebat bisa menimbulkan penyakit hati hasad (iri), takabur dan riya’ (krn menonjolkan diri sendiri), memuji diri sendiri, tajassus (mencari aib orang lain), ghibah (gosip), nifaq (bertentangan dengan hati karena hanya karena ingin mempertahankan pendapat). Demikian Imam Al Ghazali mengajarkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan tersesat suatu kaum yang telah diberi hidayah oleh Alloh, kecuali jika mereka melakukan perdebatan.” (HR. Tirmidzi). Maka jauhi perdebatan meskipun kamu merasa benar.

Terima kasih telah membaca artikel saya. Silahkan share bila bermanfaat. Sebarkan kepada orang-orang yang Anda sayangi. Anda juga dapat bergabung Channel Telegram Rapid Marketing Strategy di http://t.me/SinauMarketing dan Channel Telegram Strategi Membeli Rumah Pertama dan Investasi Properti di http://t.me/SinauProperti . Pastikan Anda terkoneksi dengan aplikasi Telegram.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *