Well saya ini termasuk agak susah memprioritaskan pekerjaan. Kadang semua-muanya pingin dikerjain. Malah semua-muanya jadi gak kesampean. Kudu pilah pilih mana yang jadi prioritas.

Sampai akhirnya saya baca-baca tentang manajemen nih. Ketemu yang namanya Eisenhower Matrix, hasil nyari2 di Pinterest. Mungkin ini matriknya om Eisenhower yang terkenal itu. Itu tuh presiden Amrik ke 34 yang menjabat tahun 1953 sampai 1961. Mungkin karena di Pinterest yang aku baca, gak nyebutin itu Eisenhower yang mana.

Jadi matrixnya om Eisenhower ini jadi 2 bagian dan kolaborasi keduanya menghasilkan 4 keputusan. Dibagi 2 berdasar tingkat “Kepentingan” (bahasa aselinya Importance) dan tingkat “Kesegeraan” (bahasa aselinya Urgent).

Kemudian ada 4 tindakan yakni :

  • Buang ajah (Delete), kalau tugasnya gak penting dan gak urgent. Ngapain dikerjain. Buang aja, beres daripada menuh2in pikiran.
  • Delegasikan (Delegate), kalau tugasnya gak penting tapi butuh segera diselesaikan. Nah mending delegasikan aja ke orang lain yang bisa mengerjakan lebih baik sehingga kita bisa mikirn dan ngerjain yang lainnya.
  • Ambil Langkah (Decide), kalau tugasnya penting tapi gak butuh segera, maka putuskan untuk ambil langkah apa? Bisa saja tentukan kapan waktu pengeyelesaiannya dll.
  • Segera Selesaikan (Do Today). nah ini prioritas tertinggi karena tugasnya penting dan segera, maka harus segera selesai bila perlu hari ini selesai.

Biar gampang bacanya, langsung aja liat Eisenhower Matrix dalam gambar berikut :

Semoga bermanfaat yah. Biar kamu gak bingung lagi mana yang harus diselesaikan segera, mana yang harus kamu buang.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: