Pahami Ini Agar Kamu Tak Gagal Terus Untuk Beli Properti Dengan KPR

By | March 15, 2018

Lebih dari 70% pembelian properti menggunakan skim pembayaran KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. KPR biasanya diberikan oleh lembaga keuangan seperti perbankan. Sayangnya persyaratan agar bisa mendapatkan fasilitas KPR ternyata tidak mudah dipenuhi oleh sebagian orang. Mungkin juga termasuk kamu. Nah kamu mau tau caranya agar KPRmu tidak ditolak? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Punya penghasilan

Ya iya lah ya. Karena bank tentu gak akan kasih kamu pinjaman untuk beli rumah kalau kamu gak punya penghasilan. Penghasilan itu bisa didapat dari gaji atau perputaran usaha. Bagi yang sudah memiliki suami atau istri, penghasilannya boleh digabungkan. Sehingga memperbesar kemungkinan lolos pembiayaan KPR. Penghasilan ini dibuktikan dengan slip gaji atau laporan keuangan.

2. Catatan Keuangan yang Rapi

Namun, penghasilan yang tertera di slip gaji atau laporan keuangan saja tidak cukup. Kenapa? Karena kalau penghasilanmu tidak tercatat dengan baik, bank bisa tahu darimana? Kamu musti bisa buktikan bahwa kamu punya penghasilan yang layak untuk membeli properti, sehingga bank yakin dengan penghasilanmu.

Dan rekening bank menjadi bukti pencatatan keuanganmu yang paling simpel. Misal saja kamu punya gaji 10 juta, tapi di rekening bank setiap bulannya kamu hanya ada uang masuk 5 juta saja. Gak matched bukan?!

3. Hitung Kemampuan Bayar Kembali

Dari pengamatan kantor agen kami, ternyata banyak juga yang berpenghasilan besar namun sudah tidak mampu mengangsur rumah. Kenapa? Karena ternyata sudah memiliki hutang kartu kredit, punya angsuran sepeda motor, punya cicilan multiguna. Di sini kamu perlu paham dan tau bagaimana cara hitung kemampuan bayar kembali jika kamu membeli properti dengan skim KPR. Gampangnya penghasilan kamu, 30%nya untuk membayar kembali pinjaman. Itu sudah termasuk untuk cicilan lain-lain lho.

Misal gaji kamu 20 juta, artinya kemampuan kamu membayar pinjaman bank adalah 30% dari 20 juta, yakni 6 juta. Bila kamu punya angsuran motor 500 ribu, maka kemampuanmu membayar pinjaman baru, turun menjadi 5,5juta. Kemampuan membayar kembali akan semakin menurun bila anngsuran kamu makin banyak. Ayo coba hitung!?

4. Tidak Punya Track Record Buruk di Bank

Jaman now, yang namanya kartu kredit mungkin sudah menjadi alat bantu bayar yang jamak. Tapi bisa menjadi jebakan batman yang lumayan bisa menghambat tingkat kesuksesanmu mendapatkan fasilitas pinjaman KPR lho. Misal saja kamu suka telat bayar kartu kredit sampai 3 bulan.

Nah kamu bisa masuk dalam kategori tidak lancar. Data kamu tercatat tuh di Bank Indonesia, sehingga kalau kamu track recordnya kurang baik karena tidak lancar bayar angsuran lain, ini bisa membat kamu tidak lolos dapat pinjaman KPR. Ini berlaku bukan hanya kartu kredit, tapi juga hutang lainnya.

5. Siapkan Syarat Administratif

Bank punya syarat-syarat administratif yang musti kamu penuhi agar kamu mendapatkan fasilitas pinjaman KPR. Di antara syarat-syarat itu sudah disebut di atas, misal slip gaji, NPWP, rekening tabungan, KTP dll. Untuk kamu yang sudah berkeluarga, biasanya diminta surat nikah, kartu keluarga dll. Untuk yang berbisnis atau memiliki profesi, ada syarat laporan keuangan dll. Cari tahu dan siapkan terlebih dahulu.

Selamat mencoba! Kalau masih bingung, hubungi Regina Realty, kami siap bantu kamu miliki properti terbaik untuk kamu dan keluarga kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *