Mukadimah – The RAPID Marketing

By | March 22, 2018

Begitu banyak ilmu-ilmu praktis tentang marketing atau jualan yang beredar. Sebut saja digital marketing, copywriting, branding, sosmed marketing dll. Sah-sah saja, saya juga penikmat ilmu-ilmu itu yang bertebaran di sosmed dan buku-buku terbaru, juga mempraktekkannya. Hanya saja saya selalu mencari garis benang merah. Ketika saya belajar, saya usahakan mencari fundamentalnya, dasarnya, konsepnya. Lha kok ndilalahnya, semua itu kembali ke konsep dasar marketing. Gak jauh-jauh amat!

Dengan kata lain, ilmu dasar marketing telah berkembang sedemikian rupa sehingga memunculkan strategi-strategi baru dalam marketing. Menurut saya, marketing tidak berubah banyak. Toolsnya yang bertambah! Coba baca kembali buku-buku marketing dari pakar-pakar marketing dunia seperti Philip Kotler, Gary Amstrong, Marilyn A. Stone, John Desmond, atau John Burnett.

So what is Marketing?

Saya mengutip beberapa tokoh marketing ternama di dunia tentang makna marketing menurut mereka.

Menurut AMA, Marketing adalah proses dari perencanaan dan eksekusi konsep harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang menguntungkan tujuan individu atau organisasi. AMA adalah American Marketing Association atau asosiasi pemasar di Amerika.

Menurut Peter Drucker, Marketing tidak hanya lebih luas dari penjualan, ini bukan aktifitas yang special sama sekali. Marketing meliputi seluruh bisnis. Ini adalah seluruh bisnis dipandang dari sisi ujung yakni dari sisi pandang pelanggan. Peter Drucker adalah pemimpin dalam pengembangan manajemen pendidikan, ia menemukan konsep yang dikenal sebagai manajemen berdasarkan sasaran dan pengendalian diri, dan dia telah digambarkan sebagai “pendiri manajemen modern”.

Menurut Theodore Levitt, Marketing adalah cara menjalankan bisnis dengan menyenangkan kebutuhan pelanggan yang lebih baik daripada kompetitor. Theodore Levitt adalah penulis The Marketing Imaginaton, dan adalah seorang penulis terlaris yang karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam sebelas bahasa. Dia juga penulis sejumlah artikel tentang ekonomi, politik, manajemen, dan mata pelajaran marketing.

Hmmm… textbook banget ya. Kalau saya sendiri berpendapat bahwa marketing adalah seluruh kegiatan untuk menghasilkan penjualan, mulai dari mindset individu maupun entitas bisnis, analisa pemasaran, membuat produk yang tepat, menyebar luaskan informasi tentang produk dan melakukan penjualan. Hal ini saya tuliskan dalam The RAPID Marketing.

Jadi Apa Itu The RAPID Marketing?

The RAPID Marketing adalah singkatan dari :

  • Reach The SuperMind – Ini adalah tentang mindset seorang atau institusi dalam dunia pemasaran. Supermind yang selama ini mungkin tidak kita sadari, ternyata memiliki daya magnet dan daya ledak luar biasa yang mendorong kita mencapai tujuan, target, cita-cita impian sekaligus keberuntungan.
  • Analyze The Market – Pasar itu perlu dianalisa, dilakukan riset. Boleh riset yang sederhana, maupun yang komplek. Sehingga diharapkan dengan adanya analisa pasar yang tepat, produk dapat diterima pasar dengan baik.
  • Plan Your Brand – Setelah mendapatkan analisa pasar yang baik, saatnya kita merencanakan produk kita, bagaimana harganya, siapa saja yang mau beli, apa saja keunggulannya dan mau dijual melalui apa. Semuanya akan dibahas di area ini.
  • Integrate Your Adv – Dunia promosi yang sebenarnya berubah banyak, lebih tepatnya bertambah. Mengandalkan offline saja belum tentu menghasilkan penjualan yang tepat. Pun sebaliknya. Maka perlu strategi promosi yang integrated, komprehensif, menyeluruh. Tetap tidak melupakan konsep-konsep dasar berpromosi, membranding dll.
  • Do Selling – Ketika kegiatan sebelumnya telah dilakukan, maka saatnya tugas seorang penjual atau mesin penjual melakukan klasifikasi lead, memprospek, dan seterusnya hingga terjadi closing.

Saya akan jelaskan lebih lanjut, satu per satu, bab per bab sesederhana saya mampu sehingga dapat diterima dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *