Bisnis Tanpa Modal Harus Masuk Akal

, , 2 Comments

Bisnis tanpa modal itu bisa dan banyak juga yang sudah membuktikan. Sebagian orang terkecoh dengan kata “Tanpa modal”. Padahal itu adalah gimmick. Yang benar adalah bahwa semua bisnis itu harus memiliki modal. Tapi tidak harus modal sendiri. Makanya oleh si pelaku bisnis tanpa modal, dia mengklaim (membuat gimmick) bisnis tanpa modal dalam arti bukan menggunakan modal sendiri.

Bukan modal sendiri berarti bisa dari beberapa sumber modal berikut :

  • Menggunakan modal Investor. Anda membuat proposal bisnis dan mengajak orang untuk berinvestasi pada bisnis Anda tersebut dengan skema bagi hasil atau profit sharing.
  • Mendapatkan Pinjaman Pribadi. Anda meminjam dana kepada orang lain, bisa ke bapak, ibu, mertua, istri, teman, temannya teman, rentenir dll. Yang penting anda pinjam dan akan mengembalikan dalam tempo berikutnya.
  • Memperoleh Pinjaman Bank. Anda meminjam ke bank untuk membiayai modal bisnis Anda.
  • Menunda pembayaran dan mempercepat penjualan. Anda meminta kepada supplier untuk bayar tempo. Kemudian Anda menjualnya. Hasil penjualan Anda bayarkan kepada supplier.
  • Sebutkan lainnya : …….. (isi sendiri)

Apapun itu, pilih yang menurut Anda masuk akal. Jangan berbisnis, bila skema bisnisnya tidak masuk akal. Misalnya butuh modal 100. Target profit 20 juta per tahun. Pinjam uang ke bank, kena bunga 15% per tahun. Akhirnya cuma untuk 5 juta. Padahal belum dipotong operasional bisnis. Akhirnya tekor! Misalkan lagi menunda pembayaran dan mencoba mempercepat penjualan. Eeee ternyata tidak laku-laku. Akhirnya bubaaar.

Nah menurut rekan-rekan, mana yang menurut rekan-rekan dari bisnis tanpa modal di atas YANG PALING MASUK AKAL! ? Pilih pollingnya ya…

Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Masuk Akal Menurut Anda?
 

2 Responses

Leave a Reply