Riset Pasar itu Penting daripada Nanti Pusing

Salah satu penyebab kegagalan suatu produk adalah lemahnya riset pasar/pemasaran/market research. Gak sedikit yang menyepelekan hal ini. Alih-alih mau dapat profit tinggi, gak taunya malah bikin sakit gigi. Mendadak pusing, puyeng, kliyengan.

Menurut buku-buku yang saya baca, riset pasar itu dibagi 3 keloimpok besar. Yakni Exploration Test, Test The Water, Re-Action Test.

Gampangnya begini :

Exploration Test adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui kondisi perilaku konsumen, termasuk didalamnya demografi, apa yang dibutuhkan, berapa banyak, dan riset tentang kompetisi yang ada dan kondisi makro ekonomi di suatu tempat. Biasanya dilakukan pada awal sebelum produk disiapkan.

Test The Water adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui apakah produk nantinya akan diterima oleh pasar atau tidak. Biasanya produk sudah disiapkan dengan beberapa varian. Kemudian diujikan ke pasar baik individu maupun group test.

Re-Action Test adalah riset yang dilakukan untuk mengetahui apakah rencana pemasaran berjalan dengan baik atau tidak. Dimana yang berjalan dengan baik, dimana yang berjalan kurang baik atau malah tidak jalan. Dilakukan pengukuran dan diharapkan dilakukan perbaikan.

Kata Riset Pasar ini memang agak akademis, tapi untuk para praktisi mungkin lebih mengenal dengan kata Test and Measure alias Tes dan Ukur.

Yuk, test dan ukur dulu daripada nanti penuh sembilu. Sakiiit boss…

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *