Ini Nih Intinya Marketing, Bagian Yang Penting2

Setiap belajar sesuatu, saya selalu mencoba mencari ilmu dasarnya. Ilmu fundamentalnya.  Karena banyak ilmu-ilmu yang beredar sekarang adalah lebih kepada strategi praktis dan juga teknis. Sebut saja jargon-jargon yang muncul belakangan seperti copywriting, branding, internet marketing, digital marketing, jualan, facebook marketing, dll. Ujungnya adalah ilmu marketing bukan?

Tidak salah dengan strategi praktis ini, cuma saya aja yang seneng ngulik mencari sisi melik. Note : saya juga penyebar strategi praktis dan teknis. Biar cepet dan mudah diterima.

Untuk itu, saya mencoba kembali membuka ebook-ebook marketing koleksi saya. Saya pilih dan mencoba menarik kesimpulan dari 3 buku Marketing yang ditulis oleh para pakar marketing dunia yakni :

  1. The Principles of Marketing – Philip Kotler dan Gary Amstrong,
  2. Fundamentals of Marketing – Marilyn A. Stone dan John Desmond,
  3. Core Concepts of Marketing – John Burnett.

Nah dari 3 buku di atas, saya mendapati inti dari marketing itu antara lain :

1. Marketing Research (Behavior, Competition, Environment)
2. Marketing Mix (Price, Product, Promotion, Place, People)
3. Selling Process (Prospecting, Closing, Handling Objection etc)

Kalau boleh menambahkan di luar 3 buku tesebut di atas, adalah tentang Spiritual Marketing (Marketing Langitan). Marketing Langitan sendiri lebih cenderung ke arah membentuk pribadi marketing yang berbasis spiritual.

Nah itu tadi bagian yang penting-penting dari marketing. Dan memahami marketing harus integrated. Swear dah! Kenapa? Karena strategi-strategi praktis dan teknis tersebut tidak bisa dilepaskan satu sama lain dengan strategi-strategi lainnya. Gak mungkin kita jualan kalau gak punya produk. Gak mungkin bikin copywriting yang cakep kalau produknya gak jelas. Gak mungkin memasarkan lewat internet kalau gak punya produk, gak punya sales team, gak punya internet. Gak mungkin mainin branding kalau gak riset dimana segmentasi, positioning dan targetingnya.

So… Memahami Marketing harus INTEGRATED. Setuju ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *