home #SeriMarketing Memberi Materi Pengantar Internet Marketing

Memberi Materi Pengantar Internet Marketing

Tanggal 17 Oktober 2015 lalu, saya dan Tuan Arbud serta Coach Zidni diundang oleh perusahaan pengembang properti yang ternama di Medan. Yakni Wiraland Property Group. Wiraland adalah pengembang yang saat ini memasarkan Halton Place di Jalan Panglima Denai, Menteng 7. Juga mengembangkan River Valley Residence dan Givency One. Tentang perjalanan dan sekilas ke Medan, sempat saya tulis pada artikel ini Asyik! Belajar Jualan Properti Lewat Internet di Wiraland.com. Cekidout! Kali ini saya ingin menuliskan tentang materi Pengantar Internet Marketing yang saya sampaikan pada waktu itu.

suasana-kelas-hari-kedua

Di awali dengan Pengertian Marketing

Yang paling saya suka tentang pengertian Marketing adalah apa yang disampaikan oleh Peter Drucker pada tahun 1959. Beliau pakar marketing pada jaman itu dan masih sangat relevan dengan pengertian marketing modern saat ini.

Menurut Peter Drucker : Marketing encompasses the entire business. It is the whole business seen from the point of view of its final result, that is, from the customer point of view. (Drucker, 1959).

Terjemahan bebasnya : Marketing meliputi seluruh bisnis. Ini adalah seluruh bisnis dipandang dari sisi ujung yakni dari sisi pandang pelanggan. (Drucker, 1959)

Sebagai penguat, saya juga suka dengan pengertian marketing oleh Seth Godin, yakni Marketing is about the stories you tell. Marketing itu adalah tentang cerita yang kamu sampaikan.

marketing-is-about-the-stories-you-tell

Trus apa itu Internet Marketing

Di dunia ini ada 3 dunia. Yakni :

  • Dunia Nyata,
  • Dunia Maya dan
  • Dunia Ghaib.
  • (Boleh juga ditambah 1 lagi, yakni) Dunia Fana.

Dunia nyata ya dunia yang ada sekarang ini dimana kita bisa berinteraksi dengan nyata, head to head, eye to eye, secara fisik terlihat. Sedangkan dunia maya adalah kata ganti dari internet, dimana tidak ada batas, waktu yang ditempuh sekejap, jarak tak lagi alasan. Untuk dunia ghaib dan dunia fana, tidak saya bahas. hehehe

Berarti internet marketing simplenya adalah marketing melalui dunia maya. Ada yang menyebutkan online marketing, ada juga yang menyebutkan e-marketing. Di dunia ini sebenarnya lebih populer dengan istilah online marketing daripada internet marketing dan e marketing. Ini berdasar trend pencairan di Google dalam 5 tahun terakhir. Sedangkan di Indonesia, internet marketing dan online marketing sama-sama kuatnya menjadi trend di Google dalam 5 tahun terakhir.

Kalau mengikuti dan mengimprovisasi pengertian dari Peter Drucker tentang marketing, maka internet marketing meliputi seluruh bisnis melalui dunia maya. Ini adalah seluruh bisnis dipandang dari sisi ujung yakni dari sisi pandang pelanggan di dunia maya. Sedangkan mengikuti dan mengimprovisasi dari Seth Godin, maka internet marketing adalah tentang cerita yang kamu sampaikan melalui dunia maya.

Memangnya kelebihan internet marketing itu apa?

  • Tak dibatasi ruang dan waktu karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun, 24 jam nonstop.
  • Daya jangkau pasar yang lebih luas
  • Biaya pemasaran dapat ditekan karena mengurangi (bahkan tidak perlu) membuat outlet fisik, spanduk, brosur dan materi promosi offline lainnya.
  • Memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan pelaku usaha atau marketing dan meresponnya dengan lebih cepat.
  • Nilai plus perusahaan dengan adanya media online

Jadi ini masalah media yang digunakan untuk kegiatan Marketing. Yakni internet! Maka saya juga menjelaskan kepada peserta tentang konsep Merketing 5G versi saya. Bisa Anda baca di Marketing: Beralih dari 4G ke 5G.

hari-ketiga-with-marcomm-wiraland
Bersama Tim Marcomm Wiraland

Silahkan kalau mau menambahkan, isi di komentar ya. Dan mari Join Channel, klik di sini atau untuk ngobrol-ngobrol, klik di sini. Sedangkan untuk testimoni, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: