home #SeriBisnis, #SeriSeru Web Baru Yang Connecting Ideas #CurcolanDiFesbuk

Web Baru Yang Connecting Ideas #CurcolanDiFesbuk

Bulan puasa lalu, seorang direktur dari perusahaan ventura capital mengajak bertemu. Ada sesuatu yang penting untuk dibicarakan terkait permodalan ventura dan peluang kerjasama dengan komunitas. Berhubung saya sendiri tidak tinggal di Jakarta, maka harus atur waktu jadwal ke Jakarta. Wal hasil baru bulan lalu saya bertemu dengan beliau.

Tepat hari jumat tanggal 29 Juli 2016, saya ke kantornya di daerah Tebet. Kami bertemu dan ngobrol (orang kantoran sekarang bilangnya meeting).

Saat itu beliau menjelaskan bahwa skema modal ventura sudah disetujui oleh OJK. Konon sudah ada undang-undangnya terutama terkait dengan crowdfunding. Beliau menjelaskan ke saya dengan presentasi powerpointnya. Tapi maaf, saya lupa undang-undang yang mana. Hiks

FYI, ventura capital dapat membiayai start up company. Beda dengan bank, bank hanya membiayai perusahaan yang berusia minimal 2 tahun. Dan ventura capital milik beliau adalah ventura capital yang mendanai proyek-proyek properti. Berbasis syariah pula!

Poinnya bukan itu, poinnya adalah beliau menawarkan kerjasama dengan komunitas saya (padahal jumlah membernya masih kecil, cuma ribuan orang) bilamana ada yang membutuhkan suntikan modal bisnis properti, beliau bisa mengusahakan melalui skema crowdfunding dengan ventura capitalnya sebagai media crowdfunding.

Beliau menunjukkan sebuah web yang berbasis di Singapore dan beralamat web co.id yang mencari crowdfunding sampai ke Indonesia. Can you imagine! Proyek properti di Inggris, mencari crowdfunding sampai Indonesia!! Itu ada di web Singaporean itu.

Untuk itu beliau akan membuat sistem berbasis IT guna mengakomodir business plan-business plan yang membutuhkan modal awal. Sama seperti web milik Singaporean tersebut. Saya pun dikenalin oleh IT staffnya yang alumnus UI yang sedang membangun sistem IT untuk ventura capital tersebut.

WOW! Entah mengapa apa yang ada dalam meeting tersebut adalah salah satu langkah saya. Beberapa minggu sebelumnya, saya memikirkan hal yang sama. Dimulai dari pertanyaan sederhana : Bagaimana caranya anggota komunitas saya tersebut bisa bertemu dengan calon investor yang mampu membiayai rencana proyek si member.

Berkaca dengan pengalaman saya pribadi, akhirnya saya membuat subdomain di web komunitas saya. Yang rencananya diisi dengan business plan – business plan yang ciamik dengan tampilan menarik untuk mengundang calon investor masuk.

Layaknya gayung bersambut bukan?!

Kemudian giliran saya menunjukkan subdomain tersebut kepada beliau dan mennjelaskan mengapa saya ingin membuat ini. Wal hasil, insya Allah apa yang nanti ada di subdomain saya tersebut akan dimunculkan di sistem IT yang digarap oleh beliau untuk menjadi bahan crowdfunding beliau. Naaaah…

But wait….

Ada atau tidaknya kerjasama tersebut, saya tetap akan mengibarkan subdomain tersebut. Belum genap 2 minggu, web saya pun sudah jadi. Sudah diisi beberapa proposal bisnis. Nah hari kemaren, salah satu yang mengisi business plan di web tersebut BERHASIL MENDAPATKAN INVESTOR!

Wow! It’s works!

Imajinasi saya, siapapun yang memiliki peluang bisnis properti tapi kesulitan permodalan, dengan web saya, bisa bertemu dengan pemilik modal yang bersedia mendanai proyek tersebut.

Connecting Ideas to Investors! Demikian tagline TheProposalID.com. Silahkan berkunjung!


Note : Ini tulisan di fesbuk saya. Tempat curcol. Silahkan join di fb AryoDiponegoroID

2 thoughts on “Web Baru Yang Connecting Ideas #CurcolanDiFesbuk

  1. menarik pak.

    usul kalau dikembangin juga seperti web affiliasi pak, seperti pengembangan di abadrealty.com,

    jadi biar banyak orang yg promosiin proyek2 disitu, dan dapat komisi affliasinya. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: