home #SeriBisnis, #SeriMarketing Era Affiliasi Marketing Multi Produk

Era Affiliasi Marketing Multi Produk

Affiliasi marketing bukan barang baru. Saya mengenalnya sejak tahun 2009. Hanya saja kala itu, banyak produk yang dijual hanya 1 produk. Kalaupun beberapa produk, itu sebenarnya turunan dari 1 produk utama. Selain produk, juga membership dari sebuah web.

Prinsip dasarnya semacam referal fee dalam dunia nyata. Misalnya di dunia nyata, kamu punya teman yang pingin beli kamera. Kemudian kamu merekomendasikan beli kepada si A. Kamu anter teman kamu itu. Dan ketika deal, si A memberikan komisi kepada kamu.

Itu di dunia nyata. Nah di dunia maya, kegiatan tersebut di sebut affiliate marketing atau affiliasi marketing. Dengan dunia maya, daya jangkau dan sebarnya jauh lebih luas.

Nah, belakangan ini banyak muncul beberapa situs yang menawarkan menjadi affiliate jualan mereka yang multiproduk. Banyak jualannya. Gak cuma satu.

Saya gak riset siapa yang memulai affiliate marketing multiproduk di Indonesia. Tapi sebut saja Ratakan, Billionaire Store, TDA Mart, YBPStore, ABADRealty dan banyak toko online lainnya yang menawarkan bergabung sebagai affiliate marketing. Mereka punya multiproduk!

Bahkan bukan cuma produk sendiri, tetapi produk orang lain. Marketspace with affiliate marketing.

Kalau boleh menyusun level toko online, ada 3 tingkatan, yakni

  • toko online
  • toko online dengan affiliate marketing
  • marketspace dengan affiliate marketing

Model Affiliate Marketing ini menguntungkan baik penyedia produk maupun affiliatenya sendiri. Yang punya produk memiliki banyak marketing, si markeitng gak perlu pusing ngurusi produk dll. Yang beli juga untung, karena gak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang-barang yang diingini.

So, kamu punya produk yang mau dijual dengan skema affiliate marketing? Atau mau jadi affiliate marketer? Yuuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: