home #SeriMarketing Marketing: Beralih dari 4G ke 5G

Marketing: Beralih dari 4G ke 5G

Telekomunikasi 4G belakangan ini dikampanyekan secara masif. Bahkan beberapa provider telekomunikasi “memaksa” konsumennya mengganti simcard yang mampu “menangkap” teknologi 4G. 4G adalah generasi keempat dari teknologi telekomunikasi, menggantikan generasi sebelumnya 3G. Menurut Wikipedia, teknologi 4G sudah diutak-atik sejak 2008. Dunia berubah, lebih cepat!

Sebagaimana dunia telekomunikasi, dunia marketing juga memperkenalkan konsep baru yakni 5G Marketing, yang juga mulai meninggalkan 4G Marketing. Dunia marketing juga berubah, lebih cepat! Apa itu 4G Marketing dan apa itu 5G Marketing?

4G Marketing :

  1. Give
  2. Gather
  3. Grade
  4. Goal/Get

5 G Marketing adalah 4G ditambah Grow

  1. Give
  2. Gather
  3. Grade
  4. Goal/Get
  5. Grow
5G Marketing konten
4G Marketing vs 5G Marketing

(1) GIVE adalah tentang bagaimana Anda memberi (GIVE) sesuatu kepada orang lain, (2) kemudian mengumpulkan (GATHER) mereka dalam sekumpulan group, (3) kemudian mengelompokkan (GRADE) mereka dalam beberapa klasifikasi untuk mempertajam segmen, (4) kemudian mencetak GOAL alias berhasil menjual produk atau jasa kepada mereka, dan (5) adalah tentang bagaimana Anda tumbuh berkembang (GROW) bersama dengan pelanggan Anda.

Implementasinya seperti apa? Mari kita ambil contoh, Anda jualan sepeda motor..

  1. GIVE; Anda bisa memberikan kesempatan untuk test drive, voucher, atau Anda bikin web yang berisi informasi tentang sepeda motor, cara merawatnya, cara pembelian, cara mengurus stnk dll. Karena sifatnya GIVE, Anda tidak perlu terlalu vulgar menyebut merk. Tujuannya adalah menarik para peminat sepeda motor agar mereka lebih tahu dan paham tentang sepeda motor. GIVE tujuannya ENGAGE atau keterikatan Anda dengan calon pelanggan.
  2. GATHER; Anda bisa mengumpulkan atau mendata mereka dalam database Anda. Anda bisa menggunakan internet atau teknologi informasi untuk mengelola ini. Sederhananya, di social media yang Anda, Anda bisa tahu siapa saja follower Anda, yang ngelike dsb. Anda juga bisa menggunakan email marketing atau Anda membangun sendiri sistem informasi untuk membuat database peminat dari apa yang Anda GIVE di atas.
  3. GRADE; Dari sekian banyak orang yang Anda GATHER, tentu bukan semuanya adalah pembeli produk Anda. Anda bisa mengklasifikasinya menjadi beberapa kelas, misal (1) pembeli potensial (2) pembaca (3) penjual. Pembeli potensial adalah orang yang memang ingin membeli sepeda motor, tapi belum tentu beli dari Anda. Pembaca adalah pengikut yang hanya menikmati GIVE dari Anda. Dan Penjual adalah orang-orang yang dapat Anda dorong untuk memasarkan produk Anda juga. Nah, tentang penjual ini, saya sarankan untuk membaca artikel Memperdayakan Pasar alias Empowering The Market.
  4. GOAL/GET; Setelah membuat kelas-kelas, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan closing atau mencetak goal dengan mudah. Ibarat pemancing ikan Cakalang, Anda akan jauuh lebih mudah mendapatkan pelanggan dan pelanggan tidak merasa Anda sedang berjualan kepada mereka. Tentang pola pemancing ikan Cakalang, silahkan baca Belajar Marketing dari Pemancing Ikan Cakalang.
  5. GROW; Nah ini yang baru. Tentu penjualan Anda tidak ingin berhenti hanya sampai produk terjual. Anda pasti akan lebih suka bila pelanggan Anda kembali membeli produk ke Anda. Ini namanya repeated order. Tapi GROW bukan sekedar membuat repeated order. GROW adalah membuat pelanggan Anda tumbuh berkembang bersama Anda. Hari ini ia membeli merk yang paling murah, 3 bulan lagi ia membeli aksesoris tambahan dari Anda, 6 bulan lagi ia mengganti spare part yang lebih tangguh, 2 tahun lagi ia membeli sepeda motor yang lebih bagus untuk anaknya, dst.

5G Marketing itu sangat bisa diterapkan di dunia bisnis lainnya dengan barang dagangan apapun. Bila Anda mengalami kesulitan menemukan 5G dalam jualan Anda, yuk mari Join Channel, klik di sini atau untuk ngobrol-ngobrol, klik di sini. Sedangkan untuk testimoni, klik di sini.

2 thoughts on “Marketing: Beralih dari 4G ke 5G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: