home #SeriMarketing Ini 10 Hal Yang Penting Dalam Marketing Plan

Ini 10 Hal Yang Penting Dalam Marketing Plan

10 hal penting dalam

Marketing Plan atau rencana pemasaran adalah dokumen komprehensif atau blue print yang menguraikan iklan dan pemasaran sebuah perusahaan atau produk dan jasa di masa mendatang. Ini menggambarkan kegiatan bisnis yang terlibat dalam mencapai tujuan pemasaran tertentu dalam jangka waktu yang ditetapkan. Demikian saya kutip dari Wikipedia berbahasa Inggris yang kemudian saya terjemahkan secara bebas.

Marketing Plan, menurut Entrepreneur.com, memiliki manfaat antara lain sebagai berikut :

  • Rallying Point/Titik Mulai – tidak semua orang paham dengan rencana keuangan, tapi dengan rencana pemasaran, kita bisa membuat penyemangat bagi pasukan untuk bekerja dengan giat.
  • Bagan Sukses – kita tahu bahwa rencana itu berisi hal-hal yang tidak sempurna, tapi tanpa perencanaan ibarat kapten laut yang tidak tahu kemana kapalnya harus diarahkan. Kemudian hanya terombang-ambing di lautan.
  • Petunjuk Operasional Perusahaan – rencana pemasaran Anda adalah panduan langkah-demi-langkah untuk kesuksesan perusahaan Anda. Ini lebih penting daripada sebuah pernyataan visi.
  • Captured Thinking / Hasil Pemikiran Yang Dibakukan –  dokumen yang tertulis akan menggambarkan rencapa permainan Anda, sehingga bila terjadi perubahan baik kebijakan maupun pasukan, Anda akan tetap bisa mengingat apa yang telah Anda setujui.
  • Cermin Top Level  – dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, sulit untuk mengalihkan perhatian Anda untuk gambaran besar, terutama bagian-bagian yang tidak berhubungan langsung dengan operasional sehari-hari. Anda perlu mengambil waktu berkala untuk benar-benar berpikir tentang bisnis Anda.

Nah, apa saja yang penting dalam Marketing Plan? Ini yang biasa saya lakukan yakni dalam menyusun Marketing Plan harus mampu menjawab 10 pertanyaan berikut ini :

  1. Apa produk atau jasa yang mau Anda pasarkan?
  2. Siapa target pasarnya? Ini menggambarkan tentang demografi calon pelanggan baik usia, jenis kelamin, penghasilan mereka dll.
  3. Apa yang menjadi diferensiasi produk atau jasa Anda dengan produk atau jasa lainnya?
  4. Jelaskan tentang harga dan positioning produk atau jasa anda!
  5. Bagaimana mendistribusikan produk atau jasa Anda? Termasuk di dalamnya membahas tentang joint venture, partnership, referal dll.
  6. Apa yang Anda tawarkan dari produk atau jasa tersebut? Misal free trial, diskon, money back guarantee dll.
  7. Apa saja Marketing Materials yang Anda buat? Misalkan saja Website, brosur, katalog dll
  8. Apa strategy offline promosi Anda yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa tersebut? Ini terkait tentang iklan di koran, di tv, event yang akan dijalankan dll
  9. Apa strategi online promosi Anda? Ini terkait keyword, search engine optimatization, iklan online, dan sosial media.
  10. Bagaimana rencana keuangan untuk menjalankan marketing plan?

Pola di atas juga sesuai dengan Marketing Plan Template: Exactly What To Include versi Forbes.com. Selamat mencoba ya…

Jangan lupa Join Channel, klik di sini. Untuk ngobrol-ngobrol, klik di sini. Untuk testimoni, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: