home #SeriBranding, #SeriMarketing, #SeriSelling Gunakan Media-Media Promosi Online Ini Untuk Maksimalkan Jualan Anda

Gunakan Media-Media Promosi Online Ini Untuk Maksimalkan Jualan Anda

Gunakan Media-Media Online Ini Untuk Jualan Anda

Dunia berubah. Mau tidak mau cara kita berpromosi juga harus berubah. Mengikuti jaman. Dan perubahan yang signifikan dalam dunia adalah adanya dunia maya. Sama halnya dengan dunia nyata, di dunia maya untuk meraih pelanggan, brand dll dibutuhkan pula media promosi. Tentu yang bersifat online.

Bila mengutip strategi Full Funnel Marketing dalam buku SOPHISTICATED MARKETER’S CRASH COURSE IN FULL FUNNEL MARKETING dari LinkedIn, media promosi online ini digunakan untuk mengenerate Brand Awareness, Content Engagement & Education dan Lead Generation & Sales Conversions. Ujung-ujungnya adalah jualan!

Nah! Simak apa saja media promosi online yang dapat Anda gunakan untuk mencapai target penjualan Anda?

Brosur/Banner Digital – Ya, sama dengan halnya brosur offline, brosur digital adalah brosur yang tidak perlu Anda cetak. Tapi cukup anda pasang di halaman website atau marketspace atau cloud storage yang dapat didownload oleh para calon pelanggan Anda

Situs Jual Beli – Kalau di dunia online ada yang namanya Marketplace atau dalam bentuk nyatanya adalah pasar, mall, bazar, pameran dll. Nah di dunia maya juga ada marketspace yang kurang lebih memiliki pola yang sama dengan marketplace atau gampangnya disebut situs jual beli online.

Bangun dan Update Website – Memiliki sebuah website saat ini sudah seperti kebutuhan pokok dalam dunia marketing online. Gak online, gak gaul. Kira-kira gitu. Nah lebih penting lagi adalah selalu mengupdate websitenya setelah membikinnya. Kenapa? Karena jargon-jargon marketing online itu engagement, content, viral, covert dll.

  • Engagement itu dimana Anda harus dekat dengan para pelanggan.
  • Content itu dimana Anda harus  memberikan materi-materi informasi yang bagus (dan terkait dengan produk atau jasa) untuk pelanggan
  • Viral itu dimana content Anda bermanfaat dan banyak disebarkan oleh para pembaca yang kemudian bisa menjadi media promosi bagi produk atau jasa Anda dengan gratis
  • Covert itu dimana Anda bisa menjual tanpa menjual. Naaah gimana tuh?

Testimoni atau Review – Dalam dunia marketing offline juga dikenal dengan word of mouth. Bahasa Jawanya Gethok Tular. Nah dunia online juga membutuhkan itu. Testimoni pelanggan Anda perlu Anda pajang di website dan media promosi Anda (walau tidak harus melulu). Bisa juga menggunakan strategi product review yang ditulis oleh orang yang berkompeten atau yang terkenal sehingga akan meng-endorse produk atau jasa Anda.

Email – Orang lain bilang email marketing. Why? Orang bisa punya facebook, tapi tidak punya Twitter. Bisa punya Twitter tapi tidak punya Pinterest. Bisa punya Pinterest, tapi tidak punya LinkedIn. Tapi semua orang yang punya sosmed di atas, pasti punya EMAIL. Banyak jasa email management yang menawarkan kepada Anda mengelola postingan email Anda. Jasa email management berupa aplikasi ringan yang disimpan di cloud (dan mungkin hardisk Anda). Dia menyediakan email sign up sehingga orang yang senang dengan content Anda, akan mendaftarkan diri dalam email tersebut.

SosMed – Yup, era sosmed sudah datang. Masing-masing sosmed berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dan pendaftarnya berjumlah jutaan orang. Sudah seperti sebuah negara di dunia maya. Menggunakan sosmed membuat Anda lebih dekat dengan pelanggan dan ujung-ujungnya jualan juga.

Press Release Online – Di media offline, koran misalnya, ada yang namanya advetorial atau press release suatu produk atau jasa. Sama, media berita online juga memberikan layanan tersebut baik gratis maupun berbayar. Media yang banyak pembacanya, tentu menjadi media promosi yang baik bagi Anda.

Iklan Online

  • Display Ads Media – Kalau press release bentuknya tulisan dan foto, kalau Anda menghendaki iklan dalam bentuk brosur atau banner, media-media online menawarkan jasa penempatan iklan tersebut. Bahasa kerennya display ads. Kalau di koran namanya iklan kolom.
  • Berbasis Tampilan – Google, Facebook, Twitter menawarkan jasa beriklan pula. Berbasis tampilan. Dan tertarget. Berbasis tampilan karena Anda hanya akan membayar bila iklan tersebut di klik. Dan tertarget karena Anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat iklan Anda.

Anda bisa memilih salah satu media promosi di atas, tetapi saran saya adalah menjalankan promosi dan mengelolanya secara integrated agar tujuan Anda lebih mudah tercapai. Cek gambar berikut. Semua media saling terkoneksi dan saling dukung mendukung.

Integrated Digital Marketing Promotion Channel

Yang perlu diingat adalah pastikan Anda melalukan pengukuran atas efektifitas dan efisiensi masing-masing media promosi tersebut. Sehingga kita bisa mematikan media yang sudah tidak efektif dan efisiens atau tidak mematikan tetapi memfokuskan mana yang jauh lebih besar memberikan impact positif pada penjualan Anda.

Bila Anda kesulitan, Anda bisa kontak Integrated Digital Marketer yang akan membantu Anda untuk mempromosikan bahkan menjualkan produk dan jasa Anda secara online.

Jangan lupa Join Channel, klik di sini. Untuk mendapatkan analisis yang lebih mendalam, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: