home #SeriMotivasi, #SeriSeru Temukan Bakat Terpendammu

Temukan Bakat Terpendammu

Satu email masuk dari pembaca yang bertanya tentang bagaimana cara menemukan minat atau bakat dalam diri.  Hmm menarik juga pertanyaannya. Karena konon di Indonesia, 77% orang yang bekerja itu tidak termotivasi, tidak bahagia, tidak produktif dalam melakukan pekerjaannya. Dan 15% lagi masuk dalam kategori SANGAT TIDAK TERMOTIVASI. Berarti hanya 8% saja yang termotivasi dan cucok dengan apa yang dikerjakannya. Survey ini dilakukan oleh Gallup pada tahun 2011-2012. Semoga tahun 2016 ini hasilnya lebih baik. Sayangnya, saya belum dapat datanya.

Kenapa bisa terjadi? Mungkin karena apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan bakatnya masing-masing. Kalau yang dikerjakan itu sesuai dengan bakat masing-masing, tanpa mengenal lelah, kita akan terus bekerja bukan? Ada duitnya atau enggak. Nah!

Terus, menjawab pertanyaan pembaca tadi gimana? Hmmm simak 4 hal berikut ini yang mungkin bisa membantu kamu menemukan bakat terpendammu.

Slide2

Coba tanyakan kepada paling tidak 5 orang yang dekat dan mengenalmu cukup lama. Mereka terbiasa melihatmu, bergaul denganmu, karena itu mereka biasanya tahu apa bakat kamu. Mungkin mereka sudah memberi tahu kamu, tapi mungkin kamu tidak begitu mendengarkannya. Nah… skarang adalah waktu untuk mendengarkan.

Slide3

Begitu banyak hal-hal yang mudah kamu lakukan, sementara banyak hal-hal lain yang mungkin kamu kesulitan mengerjakannya. Temukan itu dalam keseharianmu. Misalnya, kamu mudah sekali belajar bermain gitar, nah.. mungkin bakatmu adalah  musik. Atau mungkin kamu mudah sekali belajar matematika, mungkin bakatmu adalah berhitung dengan teliti.

Slide4

Pikirkan tentang apa yang paling kamu suka lakukan pada waktu luang. Cari tahu apa yang ingin kamu lakukan ketika kamu sedang berada dalam tingkat pekerjaan yang membuatmu tertekan. Jawabannya bisa jadi adalah bakat alamimu.

Slide5

Mungkin kamu gak perlu tahu bakatmu itu apa, tapi yang penting kamu berdoa kepada Tuhan agar ditemukan dengan pekerjaan atau bisnis yang membuatmu merasa nyaman, termotivasi, produktif dan bahagia.

Kelak ketika kamu tahu apa bakat terpendammu, kamu akan merasa lebih cocok dan nyaman dengan kehidupanmu. Kamu bisa menggunakan menggunakan bakat-bakat untuk unggul itu dalam dunia bisnis, dalam produk dan jasa atau menggunakannya untuk memperluas jaringan dan meningkatkan kualitasnya.

Dan ketika kaamu memanfaatkan bakat-bakat itu, kamu tidak lagi merasa seperti bekerja, kamu enjoy dengan hidupmu. Dan hidup ini jauh lebih menyenangkan.

Jangan lupa klik like dan share. Mau bertanya yang lebih privasi, silahkan kontak saya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: