home #SeriManajemen Tahap Awal Bikin Teamwork

Tahap Awal Bikin Teamwork

Artikel sebelumnya membahas tentang mendesain bisnis baru. Ada 3 hal yang dibahas di sana, yakni visi, misi dan strategi. Tentu dalam membangun bisnis baru, tidak berhenti pada langkah ini saja. Bisnis tidak akan jalan kalau tidak ada tim kerja alias teamwork.

Teamwork itu bisa Anda sendiri, atau dibantu karyawan atau dibantu team adhoc alias tim lepas. Nah bagaimana cara agar tau tentang memyusun teamwork? Untuk ini saya lebih suka dengan metode Star Model yang digagas oleh Jay Galbraith. Seperti apa sih? Yuk simak …

Namanya juga STAR, ada 5 sudut lancip dalam gambar sebuah bintang. Apa saja?

  1. Strategy
  2. Structure
  3. Processes
  4. Rewards
  5. People
Star Model
Star Model | Jay Galbraith

Strategy

Bagian ini lebih baik Anda baca kembali arikel ini 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru. Jadi saya skip ya. Langsung lanjut ke pembahasan kedua

Structure

Ya.. Struktur Organisasi. Sudah biasa lihat kan? Di sinilah bagaimana kita memberikan jabatan-jabatan dalam struktur teamwork, bagaimana membentuk struktur sehingga jarak kontrolnya tidak terlalu melebar tetapi juga tidak terlalu sempit, bagaimana kita membagi gambaran wewenang, dan bagaimana kita membuat departemen-departemen entah itu berdasarkan fungsi, produk, wilayah, pasar dll. Bagaimana menyusun ini semua, tentunya dipaskan dengan straategi yang telah disusun. Output dari tahapan ini adalah Struktur Organisasi

Processes

Ya… Processes alias proses dalam teamwork atau organisasi. Disinilah kita membahas apa tugas masing-masing yang ada di jabatan dan tentu wewenangnya, apa yang dilaporkan, kemana melaporkan, apa targetnya. Output dari tahapan ini biasanya berbentuk Standar Operasional Prosedur, Servis Level Agreement, Target Kerja.

Rewards

Ya.. Rewards alias imbalan. Di sinilah kita menyusun imbalan yang pantas untuk masing-masing pekerjaan dalam teamwork. Di satu sisi adalah Punishment atau hukuman bila target kerja tidak tercapai.

People

Ya… People alias orang-orang yang akan kita rekrut dalam teamwork. Tahapan ini membahas bagaimana cara merekrut, skill yang dibutuhkan, dan penempatan di dalam struktur organisasi sebagai apa.

Sebagaimana bentuknya seperti bintang, ini menunjukkan bahwa proses dari STAR Model ini tidak harus urut. Bisa dikerjakan secara komprehensif dan menyeluruh, walau bisa digarap bagan per bagan. Artinya masing-masing tahapan adalah saling kait mengait.

Woila, jadi deh rencana bikin Teamwork.. Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan hubungi di sini.

3 thoughts on “Tahap Awal Bikin Teamwork

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: