home #SeriBisnis Cari Tahu Bisnis Yang Tepat Untukmu

Cari Tahu Bisnis Yang Tepat Untukmu

Slide1

Untuk mencari tahu bisnis apa yang tepat untuk mu, coba sekarang kamu eksplorasi diri. Melihat diri sendiri dari beberapa aspek. Bisa kepribadian, gaya sosial, usia dan penting untuk mendengar intuisi diri sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri, “Apa sih yang bikin aku makin bersemangat ketika aku lelah?”.

Jawaban dari pertanyaan di atas, tidak harus satu, tapi bisa saja banyak  dan banyak sekali, tergantung kamunya gimana. Nah dari jawaban-jawaban yang ada, kamu lakukan pendekatan untuk mencari tahu bisnis apa yang tepat untukmu dengan 3 pendekatan berikut :

Slide2

Lihatlah pekerjaan yang sudah pernah kamu lakukan untuk orang lain. Kemudian pikirkan bagaimana cara mengemas apa yang sudah kamu lakukan atau skill yang kamu miliki itu untuk dijadikan sebuah produk atau jasa yang bisa kamu tawarkan.

Misal kamu jago dalam fotografi, dan kamu bahagia sekali bila sedang memotret. Nah mengapa tidak mencoba untuk membuka jasa foto wedding? Atau misalkan kamu bekerja di sebuah perusahaan advertising, kamu paham dengan pola bisnisnya, mengapa tidak membuka perusahaan advertising sendiri?

Slide3

Pelajari bisnis yang menarik minatmu. Cari tau tentang bagaimana metode bisnis itu. Banyak blog dan video yang bisa kamu  pelajari di dunia maya ini. Boleh jadi kamu mencari mentor yang bisa memandumu. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang ditawarkan oleh para event organizer. Selain bisa belajar, kamu bisa bertemu dengan sesama orang yang terjun di bisnis tersebut.

Tips dari langkah ini sederhana saja, “do different and better”.

Slide4

Sering gak dapat text message dari rekanmu, “Bro, punya temen yang bisa supply singkong 6 ton per bulan gak?”. Ini peluang bukan? Mengapa tidak meluangkan sedikit waktumu untuk memberikan solusi kepada rekanmu yang menanyakan itu.

Langkah lainnya misalnya kamu melakukan riset kecil atau mengamati keadaan pasar dan mencari tau apakah ada celah yang bisa kamu masuki dalam pasar itu. Gampangnya, kamu mencari peluang dari apa yang diminta pasar. Dan jadilah si pemberi solusi atas apa yang diminta oleh pasar.

Demikian cara cari tahu bisnis yang tepat untukmu. Mau nambahin? Silahkan isi komentar di bawah ini atau kalau mau diskusi, klik di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: