home #SeriBisnis 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

3 Langkah Ini Membantumu
3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

Punya cita-cita jadi pengusaha? Mau action tapi belum tau caranya? Mau ikut-ikutan bisnis tapi takut kejeblos. Ya sebenarnya kalau mau bisnis ya jangan takut-takut. Kalau takut ya jangan bisnis karena bisnis itu adalah tentang taking risk alias mengambil resiko.

Untuk mengurangi rasa takut itu, metode ini bisa jadi fear killer buat kamu yang mau bikin usaha baru. Kamu butuh membuat gambar besar bisnismu kelak! Dengan apa? Dengan 3 langkah berikut ini :

  1. Canangkan Visi
  2. Tentukan Misi
  3. Susunlah Strategi

 

Canangkan Visi

Canangkan Visi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru
Canangkan Visi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

Mencanangkan Visi itu gampangnya adalah dengan menjawab pertanyaan ini “kamu (bisnismu) mau jadi seperti apa di masa depan?”. Coba cek visi dari McDonald berikut ini : “Visi McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen adalah hal penting untuk McDonald’s.”

Wait, kamu jangan terjebak berpikir terlalu lama di sini. Coba cari yang simple aja, yang bisa kamu raih dalam waktu dekat. Toh bisnis itu tumbuh dan berkembang. Ketika kamu sudah sampai pada visimu yang pertama, tingkatkan ke visi berikutnya. Dan boleh kok kamu tiap tahun mengganti visi bisnismu itu. Selama sudah tercapai hehehe

Bisnis kamu butuh visi untuk kamu capai di masa depan. Ibarat naik kereta, kamu tau di stasiun mana harus berhenti. Cek gambar untuk memudahkan pemahamanmu.

Vision is the art of seeing what is invisible to others. Jonathan Swift

Tentukan Misi

Tentukan Misi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru
Tentukan Misi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

Kita masih sering rancu perbedaan visi dan misi. Tapi untuk memudahkan menentukan misi adalah dengan menjawab pertanyaan ini : “upaya apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai visi tersebut di atas?”. Jawabannya tidak harus 1 misi, tapi bisa banyak misi.

Biar selaras, saya contohkan misi dari McDonald’s yakni sebagai berikut :

  1. Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap komunitas di seluruh dunia.
  2. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi setiap konsumen kami di setiap restoran cabang McDonald’s.
  3. Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah brand, serta terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi.

Inget ya, Misi adalah apa yang mendukung untuk mencapai visi. Ibarat naik kereta ke suatu tujuan, kamu tau harus bawa bekal apa saja agar bisa sampai di sana. Cek gambar untuk memudahkan pemahamanmu.

When you discover your mission, you will feel its demand. It will fill you with enthusiasm and a burning desire to get to work on it. W. Clement Stone

Susunlah Strategi

Susunlah Strategi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru
Susunlah Strategi | 3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

Strategi itu cara, metode, siasat agar misi yang kamu tentukan dapat berjalan dengan baik. Jadi misalnya kamu sudah menentukan visi dengan 3 misi seperti contoh di atas. Nah masing-masing misi ini kamu siapkan strategi untuk menjalankannya.

Ibarat naik kereta menuju ke suatu tujuan, strategi itu bicara bagaimana cara kamu sampai ke stasiun, naik apa, rutenya kemana aja, alternatif rutenya lewat mana, kalau naik kendaraan umum bagaimana, kalau naik kendaraan pribadi bagaimana. Cek gambar untuk memudahkan pemahamanmu.

The essence of strategy is that you must set limits on what you’re trying to accomplish. Michael Porter

Nah, 3 langkahnya udah dibeberkan. Tahapan berikutnya adalah bikin TeamWork. Nah sebelum terlanjur salah bikin, mending baca dulu Tahap Awal Bikin Teamwork di sini.

Baca juga ini 5 Metode Ini Bikin Studi Kelayakan Bisnismu Makin Komplit.

 

Sumber : Materi Ajar Dosen Eko Budijanto di kelas CIO, MTI dan disadur oleh AD SuperWriter Team

 

 

 

4 thoughts on “3 Langkah Ini Bisa Membantumu Mendesain Bisnis Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: