home #SeriBisnis, #SeriMarketing Tiga Faktor Orang Membeli Produk

Tiga Faktor Orang Membeli Produk

2011 12 01 Colorful - BukittinggiApa sih yang memotivasi orang untuk membeli suatu produk atau jasa? Bila disimpulkan, maka akan terdapat 3 jawaban utama. Yakni KEBUTUHAN, KEINGINAN dan “KETAKUTAN”.

Orang yang belum memiliki sesuatu yang dia butuhkan, akan membeli produk atau jasa sesuai yang dibutuhkannya. Kemudian bila dia sudah memiliki barang tersebut, dia tentu ingin mengupgrade produk dan jasanya sesuai dengan keinginannya.

Dan yang paling barang adalah membeli sesuatu karena takut. Misal takut tersaingi, takut tidak mendapatkan barang itu, takut tidak setara dengan teman-teman karena teman-temannya telah memiliki produk tersebut. Nah

Nah tantangan kita para marketer adalah bagaimana mempersepsikan bahwa konsumen memang membutuhkan produk kita dengan menciptakan kebutuhan, keinginan dan gengsi (untuk menggantikan kata ketakutan).

Simak dialog berikut untuk melihat perbedaan ketiganya :

Marketing : Maaf pak, saya mau menawarkan mobil nih

Konsumen :  Tapi saya sudah punya mobil

Berarti si konsumen tidak membutuhkan mobil, karena sudah memiliki mobil. Maka tugas si marketer adalah bagaimana menciptakan keinginan.

Marketing : Oooo sudah punya ya pak. Mobil apa?

Konsumen : Itu mobil XYZ Yang murah-murah aja yang penting bisa kesana kemari.

Marketing : Tapi mobil yang kami tawarkan bukan jenis XYZ Fitur-fiturnya lebih lengkap. Bapak tentunya ingin dong punya mobil yang lebih nyaman?!

Konsumen : Saya sudah cukup nyaman kok dengan mobil saya.

Si Marketing berusaha menciptakan keinginan dalam dialog di atas. Sedangkan si konsumen tidak tertarik dipancing keinginannya.

Marketing : Mobil kita lebih aman pak. Bodynya bukan body kaleng. Dan ada airbag serta sensor bila akan benda yang mendekat.

Konsumen : Tapi pasti mobilnya mahal. Uang saya belum tentu cukup.

Nah… si konsumen sudah mulai tertarik setelah diciptakan “ketakutan”.

Dialog di atas menggambarkan bagaimana usaha si marketing menciptakan kebutuhan, keinginan dan ketakutan. Walau belum tentu SUKSES, dan saya yakin masih banyak penolakan, tapi setidaknya tiga faktor ini membantu Anda dalam menggiring konsumen untuk membeli produk Anda.

Intinya begini ….

  1. Kalau ketemu calon konsumen yang belum memiliki produk sejenis dengan produkmu, maka ciptakan KEBUTUHAN agar si konsumen merasa membutuhkan dan akhirnya membeli.
  2. Kalau ketemu calon konsumen yang SUDAH memiliki produk sejenis dengan produkmu, maka ciptakan KEINGINAN agar si konsumen merasa ingin mengganti atau menambah produk lamanya dengan produkmu dan akhirnya membeli.
  3. Kalau ketemu calon konsumen yang SUDAH memiliki produk sejenis dengan produkmu dan tidak juga tertarik menambah dengan produkmu atau sejenis lainnya, maka ciptakan “KETAKUTAN” agar si konsumen merasa merugi bila tak segera membeli produkmu.

Siap praktek?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: