home #SeriBranding, #SeriMarketing, #SeriSelling Memberdayakan Pasar alias Empowering The Market

Memberdayakan Pasar alias Empowering The Market

TANPA MODALSalah satu strategi pemasaran yang saya gemari adalah membuat kolam ikan. Karena lebih mudah memancing di kolam sendiri daripada di tengah lautan. Bersaing pula! Sebenarnya kurang lebihnya adalah bagaimana mengelola database bagi orang-orang yang sudah tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Strategi ini pun banyak digunakan oleh para motivator, pebisnis, pedagang online.

Misal Anda pedagang handphone di suatu toko. Banyak pelanggan Anda yang membeli di tempat Anda. Laris manis. Pelanggan Anda adalah pasar Anda. Apakah Anda hanya memanfaatkannya untuk menjual produk Anda? Atau Anda juga memanfaatkan pelanggan Anda sebagai sales force untuk menjual produk Anda? Baik produk yang mereka beli atau produk Anda lainnya?

Nah, bila pelanggan Anda juga adalah sales force Anda, ini yang disebut strategi Empowering The Market. Memberdayakan pasar! Dan boom! Lonjakan penjualan bisa Anda dapatkan.

Lain cerita misalnya Anda adalah pemimpin sebuah komunitas. Anggota komunitas tentu banyak sekali. Ada yang melihat komunitas sebagai pangsa pasar. Pola ini mulai ketinggalan. Anggota komunitas adalah pemasar. Nah ini Empowering The Market.

Lain cerita misalnya Anda adalah pemasar sebuah proyek perumahan. Setiap calon konsumen yang datang, apakah Anda simpan datanya? Saya yakin dari 10 unit rumah yang dijual, telah menghadirkan lebih dari 100 calon pembeli. Artinya Anda punya data calon pembeli yang banyak. Apakah hanya sebagai data? Yang kemudian mereka Anda jejali dengan promo-promo? Atau Anda berikan kesempatan untuk ikut menjualkan produk properti Anda? Bila IYA yang terakhir, Anda telah Empowering The Market.

Satu yang perlu diingat. Pada dasarnya pelanggan Anda bukanlah penjual yang seharusnya menjadi penjual Anda. Maka berikanlah LANGKAH YANG SANGAT SIMPLE, MUDAH DIAPLIKASIKAN, TIDAK MENGGANGGU PEKERJAAN UTAMA MEREKA. Agar tidak terlalu ribet dengan strategi-strategi penjualan lainnya.

Sudah pernah mencoba?

3 thoughts on “Memberdayakan Pasar alias Empowering The Market

  1. Pantas sekarang ini banyak para Online Marketer bikin grup-grup di Facebook yang isinya membagikan ‘rahasia’ strategi bisnis online miliknya. Meskipun bener2 sharing, beliau beberapa waktu posting jualannya, baik itu workshop atau digital product.

    Salam kenal, Raafi

    1. kalau konsep empowering the market, member menjadi sales force dari si pembuat produk.

      salam kenal juga mas

      AD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: