home #SeriBisnis, #SeriBranding, #SeriMarketing, #SeriSelling Sedikit Tentang Data, Engaged, Marketing dan Sales

Sedikit Tentang Data, Engaged, Marketing dan Sales

2012 09 05 Night View from Vio Hotel BandungData is a new oil | data adalah minyak yang baru artinya data bisa menjadi sumber uang yang luar biasa seperti minyak bumi saat berjaya dulu. Di dunia bisnis, data bukan barang baru. Di kantor-kantor pemasaran sering kali ada buku tamu, disediakan pula kotak-kotak untuk menerima kartunama. Daftar nomor telepon di phonebook juga bentuk data. Kawan-kawanmu dari TK, SD, SMP, SMA, Kuliah bisa pula menjadi basis datamu.

Sederhana saja, coba hitung teman-temanmu sejak TK sampai selesai kuliah, Atau berapa banyak temanmu di Facebook ini? Bila mereka temanmu, mereka lebih mudah percaya denganmu bukan? Karena bisnis itu masalah TRUST. Sehingga bila kamu punya produk atau jasa, teman-temanmu akan lebih bersedia membeli darimu. Ini yang dimaksud dengan data is a new oil.

Untuk create business, create sales, create money itu bukan masalah besaran data yang kamu punya. TETAPI adalah bagaimana caranya kamu MENGOLAH basis data. Dan itu bukan sekasar menjadikan basis data mu sebagai kolam iklan yang kamu bombardir dengan surat penawaran,

Sebagai Marketer Langitan, kita harus belajar dan mampu mengetahui apa keinginan dan kebutuhan seorang teman kita. Mengajak mereka bermain, bercanda, menjadi pendengar curhatan mereka. Menyenangkan hati mereka. Dan kemudian di dunia Marketing dikenal dengan beberapa istilah, SERVICE ORIENTED, ENGAGED (di Facebook dikenal Engaging Post), dll.

Dan ini sejalan dengan hadist berikut :

“…Manusia yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat bagi manusia, dan pekerjaan yang paling dicintai Allah adalah menggembirakan seorang muslim, atau menjauhkan kesusahan darinya, atau membayarkan hutangnya, atau menghilangkan laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’ktikaf di masjid ini (masjid Nabawi) selama sebulan…” (HR. Thabrani di dalam al-Mu’jam al-Kabir, no. 13646).

Nah!

One thought on “Sedikit Tentang Data, Engaged, Marketing dan Sales

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: