Rumus ATTACK, 5 Langkah Membimbing Untuk Sukses

, , Leave a comment

attackAttack itu apa? Attack itu serang! Ya Anda harus mampu menyerang untuk meraih sukses. Menyerang adalah strategi bertahan yang paling baik kata pelatih bola. Dan ATTACK di sini adalah kependekan dari Aku – Tujuan – Taktik – ACtion – Kontrol. Sebuah paket 5 langkah untuk meraih kesuksesan.

Aku | Lihatlah dalam diri Anda sendiri, aku (anda) itu siapa saat ini? Sudah memiliki apa saja untuk meraih sukses. Sudahkah memiliki modal atau belum? Aku adalah strategi berkaca diri. Aku adalah strategi menyusun Strong and Weakness diri. Nah PR untuk Anda, susun masing-masing 5 keunggulan diri Anda dan 5 kelemahan diri Anda.

Tujuan | Ini adalah apa yang Anda cita-citakan. Ini adalah dream Anda. Ini adalah tujuan yang ingin Anda capai. Ini adalah tempat dimana Anda merasakan hadirnya kesuksesan itu. Anda bisa pelajari banyak tentang bagamana mensetting sebuah tujuan atau impian.

Taktik | Ini adalah strategi untuk melengkapi kekurangan Anda dan mendayagunakan kelebihan Anda. Ini adalah bagaimana menemukan cara untuk mencapai tujuan. Ini adalah skenario langkah-langkah agar menggapai impian.

Action | Setelah  menyusun skenario langkah, tentu saja yang paling penting adalah bagaimana eksyen. Tanpa eksyen, taktik Anda tinggalah sebuah rencana kosong.

Kontrol | Ini adalah masalah mengelola, mengukur, mengevaluasi setiap aksi-aksi Anda, setiap taktik-taktik Anda, dan mungkin tujuan Anda. Mungkin ada yang perlu revisi, peningkatan, perbaikan, menambah dan mengurangi kecepatan dll.

Contoh kongkrit sederhana misalkan Anda ingin menjadi seorang pebisnis branding atau advertising. Coba kita gunakan strategi ATTACK.

Aku : Kelebihan : aku suka dengan desain, menguasai corel photoshop dan sejenisnya, sering membantu orang lain membuat materi promosi, ada modal uang sedikit untuk memulai bisnis ini, ada alat bantu komputer untuk desain tapi masih standar. Kekurangan : aku masih ada pekerjaan yang menyita waktu, tidak enak kalau memasang tarif karena sebelumnya cuma bantu orang lain saja, tidak begitu paham produksi promosi terutama non digital, tidak paham peluang bisnis ini secara umum.

Tujuan : Menjadi pebisnis branding dan advertising

Taktik : Menggunakan modal yang ada untuk mengupgrade komputer agar speksifikasi komputer mampu mengerjakan software berat. Membuat nama bisnis agar mulai dikenal dan tidak sungkan memasang tarif. Memperkerjakan karyawan untuk promosikan bisnis baru ini agar waktuku tidak tersita banyak. Mencari kawan yang sudah terjun di bisnis ini sebagai mentor.

Action : Menjalankan apa yang ada dalam taktik

Kontrol : Ternyata tidak ada kawan dekat yang siap menjadi mentor, sepertinya harus belajar melalui seminar, training atau workshop. Karyawan yang ada, belum optimal pekerjaannya, karena belum paham tentang apa itu branding. Perlu edukasi terlebih dahulu. Lebih baik menjalankan bisnis branding karena pengetahuan tentang advertising masih kurang dan membutuhkan tenaga kerja atau parner tenaga kerja yang banyak sedangkan aku sepertinya saat ini belum mampu. dll dll.

Ini hanya sebagai contoh saja. Anda bisa lakukan hal yang sama. Asyiknya, strategi ini bisa digunakan untuk evaluasi jualan. Meski demikian yang paling utama, tetep, DOA! Selamat mencoba!

 

Leave a Reply