Menangkan Brand Dengan 3 Prinsip Penjualan

, , Leave a comment

Pernyataan ini mungkin sedikit akan mengagetkan Anda. Bahwa konsumen itu tidak peduli dengan brand Anda. Ini SERIYES! Mereka tidak peduli dengan brand Anda. Mereka hanya peduli dengan apa yang bisa Anda lakukan untuk mereka!

Lihat statistik ini (sayang penelitiannya di Amerika). Bahwa hanya 25% orang Amerika yang mengatakan bahwa mereka loyal dengan brand yang mereka beli. (Sumber Ernst & Young). Glek! Eits masih ada lagi.

Menurut Thunderhead, bahwa 1 dari 4 pelanggan, akan berpindah ke penyedia layanan lain hanya karena mendengar, membaca, merasakan 1 pengalaman negatif tentang produk yang mereka beli.  Dan hampir separo dari pelanggan, tidak lagi loyal dengan brand mereka setahun kemudian, menurut sumber NPD Group.

Mengapa demikian? Ternyata Komplen terbesar karena perusahaan sering kali memberikan produk atau jasa yang berbeda dengan apa yang dijanjikan di depan. (Sumber Accenture). Kurang dari separo pelanggan di dunia mempercayai advertising. Artinya lebih dari separo, tidak percaya! (Sumber Harris Interactive). Dan sekitar 80% pelanggan mencari tahu terlebih dahulu review di dunia maya sebelum melakukan pembelian. (Sumber PriceWaterhouseCoopers).

“Pelanggan menjadi lebih ingin tau tentang produk dengan informasi di luar sana sehingga mengurangi resiko (kecewa) mereka.”, kata James Surowiecki, The New Yorker

Glek!

“Brand yang kehabisan jus. Mereka bubar! Sekarang pelanggan adalah raja. Tidak ada tempat untuk sebuah brand bersembunyi!”, Kevin Roberts, Saatchi & Saatchi

Terus apa yang bisa dilakukan? Mengganti logo dengan logo baru? Membanjiri dengan 160 karakter copywriting di Twitter? Tambah diskon?

Bagaimana dengan ini … Hmmm yakni kembali ke basic. Back to basics. Kembali ke 3 prinsip dasar dalam penjualan. Prinsip dasar penjualan yang tidak pernah basi! Apa saja itu?

  • Pertama, Juallah apa yang pelanggan minta …. dan mereka akan mengantri!
  • Kedua, Konsisten antara produk dengan janji … dan mereka akan kembali!
  • Ketiga, Lakukan dengan baik dan terbaik dalam persaingan … dan mereka akan katakan kepada orang lain!

“Konsumen yang terpuaskan dengan baik akan kembali membeli produk Anda.”, kata kata James Cash Penney, J.C. Penney.

Wow!

“Jika Anda membangun pengalaman yang bagus, pelanggan akan mengatakannya kepada orang lain. Word  of mouth is very powerful.”, kata Jeff Bezos, Amazon

Demikian, terima kasih, semoga bermanfaat!

Artikel ini disadur dari materi presentasi SlideThatRock!

 

Leave a Reply