Ini Manfaat Orang Tertawa

Ojo terlalu seriyes alias jangan terlalu serius. Serius boleh-boleh saja, asal jangan terlalu. Otak butuh piknik biar gak spaneng. Bercanda, tertawa dan humor adalah piknik yang paling murah. Saya sendiri belum menemukan larangan untuk bercanda tawa dalam agama asalkan masih dalam tingkat kewajaran. Ngetrendnya tidak SARA dan SARU. Hehehehe.

Dan ternyata bercanda, tertawa serta humor itu punya manfaat yang luar biasa pula. Yuk simak berikut ini :

Mengoptimalkan Fungsi Otak dan Membangkitkan Imajinasi serta Kreatifitas

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa makin rileks akan makin mudah menemukan solusi dari masalah. Karena rileks itu suasana hati menjadi lebih tenang dan nyaman. Hal ini memberikan respon yang baik sekali untuk otak, memberi respon positif. Maka tidak mengherankan bila dengan hati yang tenang, otak akan bekerja dengan optimal.

Robert Alan Black PhD, seorang pakar yang meneliti tentang kreatifitas lebih dari 35 tahun, mengatakan bahwa humor, lelucon, bercandaan memiliki tempat spesial dalam proses pekerjaan yang serius. Karena humor sebagai sarana lelucon memberikan bukti yang efektif untuk meningkatkan imajinasi serta kreatifitas seseorang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ini WOW! Dua hormon yakni beta endorfin, hormon yang mengurangi depresi, akan meningkat 27% dan hGH (human growth hormone, yang membantu kekebalan tubuh, akan meningkat 87% ketika menonton video lucu. Dan ketika kita tertawa selama 10 menit saja, ini akan menurunkan 10-20 mm tekanan darah dan pada saat bersamaan akan meningkatkan kekebalan tubuh karena sel limfosit diproduksi. Penelitian ini dipimpin ole Lee Berk dan stanley A Tan dari Loma Linda University di California pada tahun 2006.

Membikin Lebih Rileks dan Mengurangi Rasa Takut/Stres serta Rasa Sakit

Peneliti dari Loma Linda University juga mengatakan bahwa humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat hormon yang berhubungan dengan stres, tidak hanya 1 hormon, tapi 3 hormon, yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac. Alat bahagia yang paling dasar adalah humor.

Dan tertawa  karena lelucon humor ternyata mampu melawan stres diri, sehingga kita bisa lebih rileks. Nah setelah rileks, tentu akan mudah menemukan hal-hal baru dan solusi dari apa yang membuat kita stress itu. Rasa sakit bisa berkurang karena humor dan hal ini disampaikan oleh seorang psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore bahwa menonton komedi atau membaca sesuatu yang mmbuat tertawa karena lucunya, akan mengurangi rasa sakit seseorang. Humor mampu mengubah memori yang menakutkan dengan kebahagiaan yang berarti humor mampu menutupi rasa takut pada saat yang sama.

Bermanfaat Untuk Pencernaan dan Pernafasan

Ternyata tertawan itu memperlancar fungi usus sekaligus memperkuat otot-otot perut sehingga menguntungkan pencernaan dan penyerapan. Kalori juga terbakar dan tentu akan menurunkan berat badan alias cocok untuk diet. Selain itu tertawa juga latihan baik untuk perut, kaki, punggun, otot wajah dan pernafasan.

Nah itu tadi 4 hal manfaat bercanda, humor dan tertawa. Yang penting sih jangan tertawa berlebihan dan jangan tertawa sendirian. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *