Susun Keunggulan Produkmu Agar Mudah Jualan

, , Leave a comment

2012 09 05 Night View from Vio Hotel BandungWell, sudah baca artikel saya yang kemaren belum? Tentang Gimana Cara Jualan Cepet. Kemaren terlalu umum, terlalu sederhana, sebagai pembuka saja. Nah sekarang, saya mau bedah satu per satu. Kita perdalam bareng-bareng. Semoga ada manfaat untuk kita semua agar kita bisa jualan cepet. Btw, pingin kan jualannya cepet laku? Saya juga pingin hehehehe

Dimulai dari pertanyaan, apa sih keunggulan produkmu? Nah masing-masing kita (Saya dan Anda) harus bisa menemukan apa keunggulan produk kita. Sering sekali, pertanyaan ini membuat gelagapan penjawabnya alias pemilik produk atau marketing, bahkan kadang membuat gelagapan pemilik produk. Ternyataaa…. bagi sebagian orang, hal ini tidak mudah.

Lha kalau tidak bisa menjawab pertanyaan ini, bagaimana kita bisa jualan? Apa yang dijual? Produk? Buat apa?

Sekarang, coba deh temukan 5 keunggulan produkmu. Cuma 5 aja! Gak usah banyak-banyak. Tapi kalau bisa lebih banyak, tentu makin cakep lah. Tulis di kertas masing-masing ya, jangan dilayar blog saya. Hahaha…

“Kalau sudah ditulis, terus buat apa?”, pertanyaan imajiner hehehe

Well, inget pepatah “Nobody is perfect” tul? Nah di dunia marketing dan sales juga dikenal pepatah yang sama “No Product is Perfect” alias produk kita pasti punya kelemahan. Kadang kelemahan itu justru didapatkan dari dialog dengan konsumen. Betul? Nah dengan 5 keunggulan produkmu yang sudah ditulis tadi, semua kelemahan pasti akan terjawab. Kalau tidak terjawabpun, pada intinya adalah fokuskan pada keunggulanmu. Jangan terjebak dengan kelemahanmu.  Perhatikan contoh dialog berikut

dialog apa kenggulan produkmuKira-kira, dialog mana yang memunculkan potensi terjual lebih cepat? Kira-kira dialog mana yang sudah memahami keunggulan produknya?

“Jadi cuma buat menjawab pertanyaan konsumen ya?”, pertanyaan imajiner lagi …. hehee

Ya tentu tidak lah. Masih ada guna lainnya dari menuliskan keunggulan produk kita. Pasanglah keunggulan kita di media promosi kita. Bisa diiklan, billboard, spanduk, website, social media, dan lain-lain. Dan tidak harus semua keunggulan Anda tonjolkan semua dalam semua media promo. Dengan mengantongi 5 keunggulan, Anda bisa lakukan beberapa hal berikut :

  1. Keunggulan-keunggulan itu bisa Anda promosikan bergantian secara periodik. Misal bulan ini Anda tonjolkan tentang PALING TAHAN LAMA. Bulan depan Anda tonjolkan PALING MEMUASKAN. Bulan depan lagi Anda ganti dengan PALING KERAS. (Iklan apaan coba?!)
  2. Atau keunggulan-keunggulan itu bisa Anda promosikan bersamaan dengan media-media yang berbeda. Misalkan tentang PALING TAHAN LAMA diiklankan di koran. PALING MEMUASKAN diiklankan di website, PALING KERAS diiklankan di spanduk-spanduk.

Nah yang penting diperhatikan dari dua hal di atas adalah lakukan PENGUKURAN atas efektifitas masing-masing media dan bahasa promo yang digunakan (bahasa keunggulan yang digunakan). Bisa dipraktekkan tho?

Jadi kesimpulannya adalah kegunaan menuliskan keunggulan produk kita yang pertama adalah untuk menjawab kelemahan, yang kedua untuk dipromosikan di media promosi dan lakukan pengukuran.

“Mas, saya kok masih kesulitan menyusun 5 keunggulan produk. Gimana caranya?”, pertanyaan imajiner

Tunggu sampai  saya bahas mengenai bagaimana cara menyusun keunggulan produk.

 

Leave a Reply