Lokasi, Lokasi dan Lokasi

, , Leave a comment

2012 04 13 Bersandar di BunakenPertanyaanya berikutnya adalah dimana Anda berjualan? Nah satu pertanyaan tersebut melebar ke pertanyaan berikutnya yaitu dimana mereka berada dan dimana harus memasang umpan. Ada 3 “dimana” yang ditanyakan. Ini identik dengan kata Donald Trump bahwa properti itu yang penting lokasi, lokasi, lokasi. Ternyata ini tidak hanya terkait dengan properti. Ini terkait dalam pemasaran apapun produk Anda.

Sebagai contoh misalkan Anda memasarkan produk pakaian lelaki muslim. Anda berjualan dengan media online. Kemudian Anda memasang iklan di Facebook. Pernah pasang iklan di Facebook? Nah di Facebook, mereka memudahkan mencari orang-orang yang sesuai target market Anda. Mulai dari umur, hobi, kota, jenis kelamin dll.

Itu bila di Facebook. Bila di dunia nyata, kira-kira target Anda adalah siapa, berpenghasilan berapa dan berkumpul dimana. Misalkan saja mereka adalah pegawai bank syariah (karena Anda menjual pakaian muslim). Ada tempat gak untuk menaruh media promosi Anda. Menyebar brosur misalnya, memasang spanduk di dekat kantor mereka, memiliki kenalan orang “dalam”.

Contoh lainnya misal Anda berjualan properti sebuah perumahan. Harga rumah yang Anda jual berkisar 200 jutaan. Maka sasaran tembak Anda adalah orang yang memiliki penghasilan di atas 6 juta setiap bulan. Orang dengan penghasilan di atas 6 juta per bulan biasanya bekerja sebagai (misal) sales mobil, pegawai perbankan, pegawai swasta lainnya, wirausaha skala bisnis menengah dll dll.

Ambil sample satu saja, misalkan pegawai swasta dan lebih spesifik yang bekerja di sebuah perusahaan minyak misalnya. Pertanyaanya bisa tidak Anda menyebarkan brosur Anda ke perusahaan tersebut? Menanamkan media promosi lainnya di wilayah kerja perusahaan tersebut, misal di depan kantornya? Beriklan online dengan memasang iklan yang hanya terbaca oleh pegawai di perusahaan tersebut.

Semoga dengan 2 contoh di atas, Anda sudah paham. Bila belum tinggalkan jejak komentar, saya usahakan menjawab sebisa saya.

 

Leave a Reply