Mau Closing? Ikuti 3 Langkah Berikut Ini

2011 10 11 Pedagang buah depan Sinta Manisan CirebonBagi para sales baru, menghadapi calon konsumen kadang bikin lidah makin kelu. Takut kalau calon konsumen punya pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak bisa kita jawab. Padahal dari kantor sudah diberikan detil produk, skrip penjualan dan budget diskon.

Atau Anda sedang akan mendekati partner untuk bekerjasama dalam bisnis, yang mengalami kegrogian yang sama dengan sales di atas. Nah ikuti 3 langkah mudah berikut ini agar Anda mampu bernegosiasi dengan baik bahkan deal closing dengan calon konsumen atau calon partner bisnis Anda.

Pertama, tarik nafas dalam-dalam dan buang perlahan. Lakukan sampai beberapa kali hingga Anda relaks. Anda boleh duduk, berdiri atau tiduran. Hal ini akan membuat diri Anda makin tenang dan relaks. Dengan ketenangan Anda bakal bisa menjawab banyak pertanyaan, tapi kalau Anda “kemrungsung” (tergesa-gesa) bisa jadi jawaban yang Anda siapkan justru terkunci dalam mulut Anda. Nah lo!

Kedua, Bayangkan orang yang akan Anda temui. Jika banyak orang, bayangkan keramaiannya. Bayangkan Anda menyalami mereka dengan hangat, menyapa dengan renyah dan Anda membuat mereka senang. Bayangkan saja mereka adalah teman-teman akrab anda yang biasa Anda ajak kongkow ngopi bareng ketawa ketiwi cerita sana sini. Anda pasti bisa.

Ketiga, Katakan dalam diri : Ya Rabbi, lapangkan untukku dadaku, mudahkan untukku urusanku, lepaskan kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku. (Surah ThaHaa : Ayat 25-28). (Untuk yang beragama lain bisa menggantinya dengan doa sendiri).

Bila perlu tambahi satu lagi, jika Anda sedang ingin menjual, baca dalam hati . “closing closing closing closing closing closing” ^_^. Ini namanya “wirid closing”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *