Mau Bikin Brand Bisnis? Ingat 3 Hal Ini!

, , 1 Comment

2010 08 20 pencilAnda sudah mau bikin brand untuk bisnisnya? Coba perhatikan beberapa merk sebagai berikut. Aqua, Ades, Honda, Yamaha, Axioo, Acer, Toshiba, LG, Fanta,  KFC, Starbucks, Polytron, Sanken, Trigenmas, Lenovo, Asus, Coffee Beans, Panasonic, Samsund. Coba sebutkan yang lain.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa ya nama-nama itu mudah diingat?! Ya tentu saja, nama-nama itu harus mudah diingat karena brand harus dibenamkan dalam benak para end user dan partner bisnis. Inget lho, bukan hanya end user, tapi juga partner bisnis!

Kira-kira apa yang bisa Anda pelajari dari nama-nama tersebut di atas? Nah setidaknya akan ada 3 hal yang perlu diingat dalam membuat nama merk atau brand.

Pertama, Gunakan tidak lebih dari 4 suku kata.  Sebagai contohnya adalah BlackBerry, Texas Chicken, Coca-cola, Lele Lela, Marlyn Monroe, Aqua, Ades, Honda, Yamaha, Axioo, Acer, Toshiba dll.

Kedua, bilamana lebih dari 4 suku kata, gunakan repetisi. Misal dalam hal ini nama Aryo Diponegoro lebih dari 4 suku kata. Tapi ada beberapa repetisi atau pengulangan huruf  O, lihat penebalan berikut AR-YO-DI-PO-NE-GORO. Walau lebih dari 4 suku kata, tapi ada repetisi bukan?

Ketiga, kadang terpaksa membuat brand dengan nama yang cukup panjang. Maka perlu dilakukan SINGKATAN yang justru bisa membuat nama brand mudah dikenal. Sebagai contoh Entrepreneur University (EU), Kentucky Fried Chicken (KFC), Young Entrepreneur Academy (YEA), Tangan di Atas (TDA), Yuk Bisnis Properti (YBP), Mercedez Benz (Mercy).

Anda juga tidak harus terpaku dengan nama-nama internasional baik Inggris, China, Arab. Eksplorasi juga nama-nama daerah. Sebagai contoh merk baju anak, nama Kenes. Atau nama perusahaan teman saya, PT. Sendang Kinampit Pancuran. Merk toko fashion Sakola. Dll.

Selamat bikin brand ya!

 

One Response

  1. Jone

    August 4, 2015 11:49 pm

    sebuah informasi yang sangat inovatif dan merupakan sebuah ide yang menarik untuk dipelajari, dan saya sangat senang dengan tulisan anda yang membuat saya selalu belajar dan belajar, terima kasih atas ide dan kreasinya!

    Reply

Leave a Reply