Inilah 3 Tahapan Bisnis Berjamaah

, , Leave a comment

009ratubokoBisnis berjamaah ini menarik, makin hari makin banyak peminatnya. Karena memang sebagai manusia sosial, kita tidak bisa berlaku individu. Dengan berjamaah, bisa menyatukan beberapa potensi yang akhirnya akan mendukung bisnis menjadi menggurita.

Ada 3 tahap bisnis berjamaah, konsep ini saya sebut TIGANAL. Apa saja, yakni EMOSIONAL, PROPOSIONAL dan PROFESIONAL. Berikut penjelasannya :

Emosional, para peserta bisnis berjamaah awalnya diikat oleh rasa emosional, perasaan senasib sepenganggungan, kebersamaan, ketergantungan, gotong royong, saling mencintai, dan perasaan perasaan positif lainnya. Ikatan ini cukup untuk memulai bisnis berjamaah.

Proposional, adalah berbagi peran masing-masing para stake holder bisnis berjamaah. Ada yang punya modal, ada yang punya keahlian, ada yang punya jaringan, ada yang punya jago jualan, ada yang jago manajemen, ada yang jago internet dll. Ikatan ini cukup untuk menjalankan roda bisnis berjamaah.

Profesional, ketika omzet telah tercapai yang perlu diperbaiki dalam profesionalitas dalam bekerja. Yang mungkin awalnya dulu masing-masing stake holder bekerja sendiri untuk mencapai omzet usahanya, menggunakan pencatatan sederhana, tidak membukukan standar operasional dan prosedur. Mulai tahapan Profesional, muali mengunakan sistem yang terstruktur, standar operasional manajemen yang baik, menghire karyawan yang mumpuni. Ikatan ini penting untuk menstabilkan atau meroketkan bisnis berjamaah.

Yuk ah mulai bisnis berjamaah!

 

Leave a Reply