Hati yang Positif

, , 1 Comment

2010 08 20 pencilKalbu atau hati dari kata dasar “Qalb” yang berarti “sesuatu yang mampu dibolak-balikkan”. Hati biasa dikaitkan dengan emosi. Jika marah 5 menit, imun tubuh depres 6 jam. Jika dendam, imun tubuh mati. Letaknya dimana apakah di dada, mengingat jika kita sedang emosi, dada seperti menggeretak. Ataukah hati yang berada di belakang ginjal sebelah kanan?

Melihat efek marah dan dendam, sepertinya hati yang dimaksud adalah hati yang di belakang ginjal. Beratnya hanya 1200 – 1600 gram atau 2-3% dari total bertubuh, namun memerlukan 25-30% penggunaan oksigen. Setiap menit, ¼ liter darah dalam tubuh dibersihkan oleh hati.

Hati tersebut memiliki 3 fungsi. Fungsi regulasi, mengatur komposisi darah terutama jumlah gula, protein, lemak yang beredar dalam darah. Fungsi metabolisme, hampir semua zat makanan yang diserap usus diproses dalam hati. Fungsi detoksifikasi, hati mengeluarkan obat-obatan dan bahan kimia yang tidak digunakan tubuh dan dibuang melalui feses.

Hati memiliki logika yang tidak dipahami oleh akal pikiran (Blaise Pascal).

Buta yang paling buruk adalah buta hati (HR. Syihaab).

Lebih dari 130 ayat dalam Al- Qur’an yang menyebutkan “hati”. Seperti dalam Surah (2) Al-Baqarah ayat: 7 Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

Lakukan Sekarang

  1. Hubungi Orang Tua, sampaikan Anda merindukan mereka, sampaikan permohonan maaf, sampaikan Anda mencintai mereka
  2. Hubungi Pasangan Anda, sampaikan Anda merindukan dia, sampaikan Anda mencintai dia
  3. Hubungi Team kerja Anda, sampaikan Anda ingin bekerjasama lebih baik lagi dengan mereka dan siapkan pertemuan segera.
  4. Hubungi orang yang pernah Anda sakiti, sampaikan permohonan maaf dan sampaikan bahwa Anda ingin bertemu dengannya
  5. Hubungi orang yang pernah menyakiti Anda, sampaikan Anda ingin memperbaiki hubungan dengannya, sampaikan permohonan maaf.

Anda akan merasa lega dan HATI anda menjadi HATI yang POSITIF! Selamat!

Follow twitter @aryodiponegoro | dari berbagai sumber

 

One Response

Leave a Reply