Jangan Menghina

, , Leave a comment

2010 06 22 Pemecah Batu - CirebonManusia itu egosentris. Berpikir berdasarkan ego diri sendiri. Bayangkan saja ketika Anda mengendarai kendaraan di jalan. Kemudian Anda melihat ada seseorang yang ugal-ugalan mengendarai kendaraannya. Anda mengumpat, “ngapain ngebut di jalan”. Dan mungkin diapun mengumpat ke Anda, “di jalan kok jalannya lambat!”. Terus mana yang benar?

Anda mungkin seorang pembicara, Anda menghina pembicara lainnya karena pembicara itu menggunakan teknik Anda sebagai bahan baku materinya. Padahal pembicara lain itu sudah tau teknik Anda sebelumnya dan sudah mempraktekkan sebelum Anda berbicara. Terus mana yang benar?

Anda mungkin memakan sesuatu dan rasanya tidak enak. Anda berkata, “makanan ini tidak enak”. Tapi tahukah Anda, makanan yang “tidak enak” itu sungguh nikmat bagi orang yang susah makan. Makanan yang “tidak enak” itu sungguh enak di mulut orang lainnya. Terus mana yang benar?

Sebuah peribahasa Arab – Laa tahtaqir min duu naka falikulla syai’ maziiyahtun – Jangan menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena segala sesuatu itu mempunyai kelebihan.

 

Leave a Reply